GPIB GETSEMANI BALIKPAPAN
Dilembagakan 28 Januari 2007, oleh Pdt. J.D. SIHITE, MA (Ketua 1 Majelis Sinode)

Menjadi Jemaat yang ke 275. Sesuai SK. MS. 0801/I-07/MS.XVIII/Kpts.
Alamat : Jl. Soekarno – Hatta, Balikpapan. Tlp. 082154143101. Norek. BNI Taplus. 0196346488 / Norek. Panitia, Mandiri. 1490007212154. Email : gpibgetsemanibpn@yahoo.co.id
IBADAH MINGGU : PAGI. Pkl.09.00 - SELESAI

BUKAN ORANG YANG MENDENGAR FIRMAN ALLAH YANG BENAR DIHADAPAN-NYA, TETAPI ORANG YANG MELAKUKAN FIRMAN ALLAH YANG DIBENARKAN.

17 Agustus 2017

BACAAN ALKITAB MINGGU, 16 AGUSTUS 2017





HARI RABU
16 AGUSTUS 2017
KASIH NYATA DAN MENDEWASAKAN


1 KORINTUS 13




RABU, 16 AGUSTUS 2017
Renungan Pagi
GB.51 : 1 -Berdoa
KASIH NYATA DAN MENDEWASAKAN

1 Korintus 13:9-12
Ketika aku kanak-kanak, aku berkata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu (ay.11)

Berbicara tentang kasih jauh Iebih mudah daripada berkreasi dalam kasih. Tidakkah pernah terbayangkan bahwa, banyak orang di dunia ini memahami kasih secara berbeda. Kasih mereka telah berubah, di salahgunakan, dan merusak. Atas nama cinta, seseorang telah memanipulasi hidup sesamanya. Atas nama cinta kita menjual harga diri kita hanya untuk tidak mengalami penolakan. Sesungguhnya tidak semua orang memahami apa artinya cinta, apa artinya Kasih. Banyak orang berpikir, kasih adalah emosi yang tidak berwujud. Kasih hanya soal rasa, kalau hanya itu, kita salah. Kasih bukan hanya rasa, atau emosi. Alkitab mengajar kita tentang kasih dan memerintahkan kita untuk melakukannya.

Kasih selalu berbentuk. Ketika anda memeluk suami dan anak anda, menyediakan makanan bagi mereka, merawat ketika mereka sakit, anda memilih untuk membiarkan kasih anda mendapatkan bentuk yang nyata. Ketika kita tersenyum, membuat orang Iain tertawa, menuntun orang tua yang kita jumpai untuk dapat
berjalan pada arah yang benar, kita memilih untuk menemukan bentuk dari kasih yang nyata. Kita memilih untuk mengasihi, dan itu bukan hanya soal kita merasakan, tetapi soal apa yang kita Iakukan. Kita tidak mungkin mengatakan kita mengasihi seseorang, tetapi kita memperlakukannya dengan tidak baik. Kata Kasih yang kita baca hari ini menunjuk pada Kasih dalam pengertian Agape, yaitu Kasih Allah.

Bertindak secara nyata untuk mengatakan tentang kasih, adalah cara kita menemukan apakah kita sudah menjadi orang Kristen yang dewasa dan memiliki spiritualitas yang baik. Jika kita ingin menguji kedewasaan kita, maka yang kita lakukan adalah menguji buah dari kasih yang kita miliki. Tanda dari kedewasaan dan spiritualitas seseorang, terlihat pada buah apa yang kita hasilkan. Buah dari Roh adalah tanda-tanda spiritualitas. Setidaknya ada 10 tanda kualitas dari Kasih Allah. Sudahkah kesepuluh tanda tersebut mendiami hati dan terlihat nyata dalam hidup kita ? ketika kita berhenti mengasihi, kita berhenti bertumbuh dalam kedewasaan, bahkan kita berhenti bertumbuh kearah Kristus.

GB.51 : 2,3
Doa : (Tuhan Yesus, tolong kami untuk terus bertumbuh dalam kasih yang nyata, agar kami tahu bahwa telah menjadi anqkmu yang dewasa dalam iman)


RABU, 16 AGUSTUS 2017
Renungan Malam
GB.52 : 1-Berdoa
KASIH KEKAL

1 Korintus 13:13
Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan, dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih" (ay.13)

Kabar buruk lebih cepat di terima daripada kabar baik. Kadang kabar baik tenggelam ditengah kehebohan tentang kabar baik. Di negeri ini, kita terbiasa menjadikan kabar buruk lebih mendapatkan perhatian daripada kabar baik. Kita lebih suka membicarakan kegagalan yang menyakitkan daripada keberhasilan yang memulihkan hidup. Bisnis minyak yang merusak perut bumi, mendapatkan porsi yang lebih besar, ketimbang sukses seorang anak papua yang menjadi juara olimpiade matematika.

Kita tidak harus mengeluh dalam kepedihan, tetapi selayaknya bersukacita dalam pengharapan, iman dan kasih. Kita tidak menjadi orang yang pesimis tetapi sebaliknya memiliki optimisme besar. Kasih Allah mendorong kita berempati terhadap duka dan luka hidup, tetapi bergembira untuk menyaksikan
pemulihan. Dunia dan banyak orang bertanya dimanakah Tuhan, ketika ada penderitaan ? ketika ada anak-anak yang nyawanya di renggut, penyakit kanker tak kunjung terobati, perkawinan hancur .... dimanakah Tuhan, dimanakah kasih-Nya ? dunia menawarkan jalan menuju kebahagiaan, tetapi tawaran itu hanya sementara, tidak membuat kita terlepas dari penderitaan yang sesungguhnya. 

Kasih Allah yang berdiam dalam kita adalah kekuatan besar yang dapat kita miliki. Kekuatan kasih itulah yang membawa kita pada pengharapan bahwa hidup ini tidak hanya ruang bagi kisah pahit dan derita, tetapi selalu tersedia pemulihan demi pemulihan. Orang yang berpengharapan, selalu memiliki iman yang di dalam keselamatan. Ia tidak beriman pada sesuatu yang lemah, yang tak berdaya, tetapi imannya melekat pada Kristus, yang menyelamatkan. Kasih Kristus di dalam kita, selalu menjadi kekuatan besar untk membuat hidup ini terus menerus melahirkan kisah-kisah hidup yang menggetarkanjiwa, membangkitkan semangat, dan membawa kegembiraan. Jika hari ini, kita telah lalui dengan berbagai kisah yang tertulis dalam buku kehidupan kita, marl bersyukur bahwa kasih Allah telah membuat kita memiliki pengharapan dan membaginya dengan orang di sekitar kita, dari situlah kita terus bertumbuh dalam iman.

GB.52:2
Doa : (Tuhan, jadikan hidup kami penuh rasa syukur, karena hari ini kami hidup dalam kasih, pengharapan dan iman oleh-Mu)

VISI & MISI GPIB

VISI
GPIB menjadi gereja yang mewujudkan damai sejahtera bagi seluruh ciptaanNya

MISI
1. Menjadi Gereja yang terus menerus diperbaharui dengan bertolak dari Firman Allah, yang terwujud dalam perilaku kehidupan warga gereja, baik dalam persekutuan, maupun dalam hidup bermasyarakat.

2.Menjadi gereja yang hadir sebagai contoh kehidupan, yang terwujud melalui inisiatif dan partisipasi dalam kesetiakawanan sosial serta kerukunan dalam masyarakat, dengan berbasis pada perilaku kehidupan keluarga yang kuat dan sejahtera.

3. Menjadi Gereja yang membangun keutuhan ciptaan yang terwujud melalui perhatian terhadap lingkungan hidup, semangat keesaan dan semangat persatuan dan kesatuan warga Gereja sebagai warga masyarakat.

MOTTO :
Dan orang akan datang dari timur dan barat dan dari utara dan selatan dan mereka duduk makan di dalam Kerajaan Allah


DARI ADMIN

"TAK ADA GADING YANG TAK RETAK"

Jika dalam penyajian blog GPIB Getsemani ini terdapat kekurangan atau kurang sesuai dengan harapan anda, kami sebagai admin blog memohon maaf.

Blog ini disajikan semata-mata untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan di kalangan kita, kendati belum sempurna dan belum semua terakomodir, itu dikarenakan keterbatasan kami.

Untuk keperluan updating, Artikel/Foto/Video yang ada di blog GPIB Getsemani, selain data dari admin sendiri, sebagian juga kami sadur/copy/download dari berbagai sumber yang telah ada di medsos.


Ucapan Terimakasih kami sampaikan kepada yang Artikel/Foto/Video nya telah kami unggah di blog ini.
Terimaksih juga kami kepada pengunjung blog, semoga blog ini bermanfaat bagi kita.

Note :
Blog ini akan di-off-kan jika sudah ada web penggati yang reprensentatif

Terimakasih. #ek